Senin, 24 Juni 2013

Keutamaan Ilmu




Agan-agan  pastinya tau dong,,, kalo ilmu pasti sangat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan umat manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, ilmu memberikan kemudahan bagi manusia dalam mengatasi berbagai persoalan hidup. Di akhirat, ia akan menjadibpenolong bagi yang memilikinya. Akan tetapi yang dimaksud ilmu dalam artikel ini adalah ilmu yang sesuai dengan ajaran agama Islam, bukan ilmu yang dilarang oleh Islam.
            Rasulullah saw bersabda, “Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yakni : anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat, dan shadaqoh jariyah.” (HR Muslim). Dari hadits tersebut menjelaskan kepada kita bahwa ilmu itu mempunyai nilai yang sangat tinggi bagi kehidupan umat manusia.
            Hal ini berarti  bahwa dengan ilmu manusia akan mendapat kemuliaan. Bahkan orang-orang yang berilmu akan ditinggikan beberapa derajat dari mereka yang tidak berilmu. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS Al Mujadalah  : 11).
            Dalam kata-kata sahabat Rasulullah saw Ali bin Abi Thalid ra kepada Kumail disebutkan , “Hai Kumail, ilmu itu lebih utama daripada harta karena ilmu itu menjagamu sedangkan kamu menjaga harta. Ilmu itu adalah hakim, sedangkan harta adalah yang dihakimi. Harta menjadi berkurang dengan dibelanjakan, sedangkan ilmu manjadi berkembang dengan dibelanjakan (diberikan kepada orang lain).”
            Dalam kata-kata Ali bin Abi Thalib bahwa jika kita memiliki ilmu pengetahuan, maka ia dapat menjaga keselamatanmu. Akan tetapi jika kita memilih harta, maka kita harus menjaganya. Inilah keutamaan ilmu yang Pertama. Kedua, Ilmu itu adalah hakim, sedangkan harta adalah yang dihakimi. Maksudnya bahwa harta itu nanti akan ditanya oleh Allah di akherat, “Darimana harta itu didapat, dan untuk apa saja harta itu dibelanjakan?.” Ketiga, harta jika dibagi-bagikan kepada orang lain akan habis, sedangkan ilmu semakin dibagikan semakin bertambah banyak. Misalkan anda bagikan uang anda kepada oranglain, maka uang itu akan habis. Ajarkanlah ilmu yang kamu miliki kepada orang lain. Selain orang itu mengetahui ilmu yang diajarkan, kita juga semakin paham dengan ilmu yang kita ajarkan kepada oarang tadi.
Dari penjelasan di atas jelaslah bagi kita bahwa ilmu itu memiliki kemuliaan yang dapat meningkatkan derajat bagi pemiliknya. Ilmu dapat membawa keselamatan bagi pemiliknya dan orang-orang yang berada disekitarnya.
Semoga bermanfaat..... J
Dikutip dari Buku : Progressive Learning “Learning By Spirit.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar